Langkah Awal Menjaga Kesehatan Jantung Anak

Penyakit jantung merupakan penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Penyakit jantung terjadi utamanya disebabkan karena kurangnya jumlah darah yang memasok oksigen ke jantung. Berbagai macam penyebab atau gejala bisa dirasakan dengan begitu mendadak. Salah satunya seperti sering pusing, berkeringat dingin, dan sesak napas.
Tahukah anda, bawah penyakit jantung tidak hanya menyerang orang lanjut usia? Ternyata, penyakit jantung pun dapat menyerang anak-anak. Oleh sebab itu, ajarilah ana-anak anda untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat sebagai salah satu Langkah Awal Menjaga Kesehatan Jantung Anak.

Langkah Awal Menjaga Kesehatan Jantung Anak

  • Pastikan anda memberikan nutrisi terbaik bagi anak anda. Cukupi asupan buah dan juga sayur yang mengandung banyak vitamin dan juga serat dalam menu hariannya. Jika anak sulit untuk mengkonsumsi sayur dan buah, kreasikan resepnya. Anda bisa mencoba resep smoothie, atau omelet berisi sayuran.
  • Buatlah anak untuk gemar melakukan aktifitas fisik. Paling tidak selama 30 hingga 60 menit per hari. Ciptakan suasana yang menyenangkan seperti bersepeda bersama atau hanya sekedar mengelilingi taman dengan berjalan kaki.
  • Jika anda memiliki anak yang aktif di luar rumah, anda tidak perlu khawatir. Aktifitas di luar ruangan bukan hanya menyempurnakan fungsi motorik anak. Namun juga akan membuat tubuhnya tetap bugar karena banyak bergerak. Dibanding anak hanya menghabiskan waktu di depan televisia atau komputer.
  • Kebersihan gigi akan memberikan kontribusi terhadap kesehatan jantung anak dikemudian hari. Pasalnya, bakteri pada gigi dan juga gusi akan masuk ke dalam aliran darah sehingga mempengaruhi arteri. Untuk itu, pastikan anda turut serta menjaga kesehatan gigi anak dengan cara memastikan bahwa ia telah menyikat gigi setelah makan da juga sebelum tidur. Selain itu, paling tidak selama 6 bulan sekali ajak anak untuk memeriksakan giginya.
  • Batasi asupan garam pada anak anda. Mengkonsumsi terlalu banyak garam akan menyebabkan risiko mengalami penyakit kardiovaskuler lebih besar di kemudian  hari. Untuk itu, anda bisa menghindari pemberian makanan cepat saji, makanan kaleng dan juga minuman soda.
  • Anda harus bersikap tegas jika anak merengek meminta junk food. Sederet makanan tersebut mengandung lemak trans dan lemak tak jenuh meskipun menggugah selera makan anak. Ganti asupan lemak ke dalam lemak sehat seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, ikan dan avokad.
  • Batasi konsumsi makanan anak. Hal tersebut akan membantu anda untuk menghindari makan berlebihan.

Demikian hal tersebut merupakan bagian dari cara menjaga kesehatan jantung anak. Semoga sajian artikel kami membantu anda dalam merawat kesehatan buah hati anda. Terimakasih telah berkunjung dan mengikut situs obat jantung bocor pada bayi.

| Langkah Awal Menjaga Kesehatan Jantung Anak

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s